PERAN GURU AGAMA; KEMBANGKAN KERUKUNAN

BANDUNG.-Peran guru agama diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam perkembangan kehidupan antarumat beragama di lingkungan masyarakat. “Guru agama harus meningkatkan perannya untuk mengedukasikan nilai-nilai kerukunan antarumat beragama kepada publik,” ujar Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) H. Didin Wahidin, pada Kuliah Perdana Pascasarjana Pendidikan Agama Islam Uninus, di Kampus Uninus, Bandung, baru-baru ini.

Akhir-akhir ini, kata dia, masih terdapat persoalan dalam hal kebebasan beragama. Dengan kondisi psikologis dan emosi publik yang sensitif, isu-isu yang beredar mampu menimbulkan aksi massa yang meresahkan lingkungan sekitarnya. “Kasus intoleransi masih ada. Ini disebabkan oleh fanatisme yang mendasari sisi emosional sebagian masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan adanya peningkatan kapasitas guru agama melalui ilmu dan pengetahuannya. Nantinya, hasil keilmuan dan penelitian diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi kerukunan antarumat beragama.
Kebutuhan pelajaran agama di lingkungan masyarakat, kata dia, akhir-akhir ini sering berubah-ubah. Belum lagi nilai pluralisme yang mulai luntur di kehidupan sosial rakyat Indonesia. Oleh karena itu, ia berupaya untuk terus meningkatkan mutu alumnus yang nantinya akan mengabdi kepada masyarakat.

Dengan adanya peran dan pembinaan guru agama maka akan mewujudkan masyarakat yang berakhlak baik, dan mudah-mudahan mereka dapat memberikan yang terbaik, sehingga kejadian gesekan antarumat yang sering terjadi di Indonesia tidak terulang kembali, ucapnya.(mar)

Sumber Pikiran Rakyat

Sumber: http://pendis.kemenag.go.id/kerangka/pais

About these ads

Posted on 01/05/2011, in Berita Pendidikan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: