Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.

Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Zakat Penghasilan menetapkan sbb:

Pengertian Zakat Penghasilan

Dalam Fatwa tersebut, yang dimaksud dengan “penghasilan” adalah setiap pendapatan seperti gaji, honorarium, upah, jasa, dan lain-lain yang diperoleh dengan cara halal, baik rutin seperti pejabat negara, pegawai atau karyawan, maupun tidak rutin seperti dokter, pengacara, konsultan, dan sejenisnya, serta pendapatan  yang diperoleh dari pekerjaan bebas lainnya.

 Hukum

Semua bentuk penghasilan halal wajib dikeluarkan zakatnya dengan syarat telah mencapai nishab dalam satu tahun, yakni senilai emas 85 gram.

 Waktu Pengeluaran Zakat

  1. Zakat penghasilan dapat dikeluarkan pada saat menerima jika sudah cukup nishab.
  2. Jika tidak  mencapai nishab, maka semua penghasilan dikumpulkan selama satu tahun; kemudian zakat  dikeluarkan jika penghasilan bersihnya sudah cukup nishab.

 Kadar Zakat

Kadar zakat penghasilan adalah 2,5 %.

Bagaimana cara praktis menghitung zakat profesi/gaji, silahkan    Klik disini

——————————

1 Nishabadalah kadar/nilai tertentu yang ditetapkan dalam syariat apabila harta yang dimiliki   oleh seseorang mencapai nilai tersebut maka harta itu terkena kewajiban zakat.

 2 Nishab senilai emas 85 gram. Contoh: jika harga emas dipasaran sekarang Rp 400.000/gram, maka nishabnya adalah 85 gram emas x Rp 400.000= Rp 34.000.000,-

3 Kadar zakat adalah besarnya zakat yang wajib dikeluarkan dari sejumlah penghasilan yang dimiliki . Contoh:  2,5 % xRp 34.000.000 = Rp 850.000,-

Tautan:

FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA Nomor 3 Tahun 2003 Tentang ZAKAT PENGHASILAN

Zakat Profesi oleh Dr. Yusuf Qardhawi

http://www.asysyariah.com/

klik Kalkulator Zakat Profesi versi BAZNAZ