No. Standar KompetensiLulusan Kemampuan Yang Diuji Indikator
1. Menerapkan tatacara membaca Al Quran menurut tajwid, mulai dari cara membaca Al Syamsiyah dan Al Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad waqaf. Menerapkan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah pada ayat Al Quran. Ditampilkan ayat Al Quran yang mengandung bacaan “Al”, peserta didik  dapat mengklasifikasikan contoh bacaan “Al” secara tepat.
Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat Al Quran. Ditunjukkan ayat Al Quran yang mengandung nunsukun/tanwin, peserta didik  dapat mengidentifikasi hukum nun sukun/tanwin.
Ditampilkan  penggalan ayat Al-Quran yang mengandungmim mati,  peserta didik  dapat  memilih  hukum bacaan mim mati.
Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan rapada ayat Al Quran. Ditampilkan ayat Al Quran yang mengandung qalqalah,peserta didik  dapat menunjukkan  hukum bacaan qalqalah.
Ditampilkan ayat Al Quran yang mengandung “ra”, pesertadidik dapat memilih contoh hukum bacaan “ra”.
Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat Al Quran. Disajikan beberapa penggalan ayat Al Quran yangmengandung mad, peserta didik dapat menentukan  jenis hukum bacaan mad.
Disajikan satu penggalan ayat Al Quran yang mengandung tanda waqaf, peserta didik  dapat menunjukkan makna tandawaqaf tersebut.
Membaca dan menjelaskan makna QS. At- Tin. Ditampilkan ayat dari QS At-Tin secara acak, peserta didik dapat menyusun ayat dengan benar.
Ditampilkan salah satu ayat QS At-Tin, peserta didik  dapatmenyimpulkan isi kandungan ayat dengan benar.
Ditampilkan salah satu ayat QS Al Insyirah,peserta didik  dapat menyimpulkan maknanya dengan benar. Ditampilkan salah satu ayat QS Al-Insyirah, peserta didikdapat menunjukkan arti ayat tersebut.
2. Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna. Mengimplementasikan iman kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari. Ditampilkan salah satu ayat Al Quran tentang sifat Allah,peserta didik  dapat menentukan sifat wajib Allah yang terdapat pada  ayat tersebut.
Ditampilkan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat memilih sifat wajib bagi Allah yang sesuai dengan perilaku tersebut.
Mengimplementasikan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik  dapat memilih contoh perilaku yangmencerminkan salah satu asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari.
Mengimplementasikan iman kepadamalaikat dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan ayat Al Quran tentang tugas malaikat, peserta didikdapat menentukan sikap yang sesuai dengan ayat tersebut.
Mengimplementasikan iman kepada  kitab- kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari. Ditampilkan beberapa contoh tentang sikap terhadap kitab-kitab Allah, peserta didik  dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan keimanan kepada kitab-kitab Allah.
Ditampilkan beberapa contoh perilaku sehari-hari,  peserta didik  dapat mengidentifikasikan perilaku mencintai Al Quran.
Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan nama-nama nabi dan rasul, peserta didik  mampumengklasifikasikan rasul-rasul ulul azmi.
Dipaparkan secara singkat kisah Nabi Muhamad SAW,peserta didik  dapat mengenali sifat wajib bagi rasul dalam kisah tersebut.
Menceritakan proses kejadian kiamat dan peristiwa setelah hari kiamat. Peserta didik  dapat mengidentifikasi tanda-tanda kiamat.
Mencontohkan cara beriman kepada qadadan qadar dalam kehidupan sehari-hari. Dipaparkan ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik  dapatmengenali contoh takdir secara tepat.
3. Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan  menjauhkandiri dari perilaku tercelaseperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah. Menerapkan perilaku terpuji  (Tawadu, taat, qanaah, sabar) dalam kehidupan sehari- hari. Dideskripsikan cerita tentang perilaku  sehari-hari, pesertadidik dapat mengenali contoh perilaku qanaah.
Disajikan wacana tentang musibah, peserta didik  dapatmenunjukkan sikap empati dalam menghadapi musibah tersebut.
Menerapkan perilaku terpuji (Kerja keras,ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku ulet.
Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari- hari, peserta didik  dapat mengenali perilaku zuhud.
Mengklasifikasikan dan menghindariperilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari. Ditampilkan ilustrasi tentang kehidupan sehari-hari, pesertadidik dapat mengenali cara menghindari perilaku akhlak tercela.
Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan ilustrasi tentang pelaksanaan makan, peserta didikdapat mengidentifikasi sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum dalam Islam.
Peserta didik  dapat menentukan kriteria makanan yang halal dan thayib.
Menampilkan contoh perilaku qana’ah dantasamuh dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik  dapat mengidentifikasi secara tepat contohperilaku tasamuh.
Menghindari perilaku tercela (takabur)dalam kehidupan sehari-hari. Disajikan beberapa contoh perilaku dalam kehidupan sehari- hari, peserta didik  dapat mengenali cara menghindari perilaku takabur.
Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik  dapat menunjukkan akibat buruk perilakudendam.
Ditampilkan contoh sikap munafik, peserta didik  mampumenunjukkan akibat dari prilaku  munafik.
4. Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat- shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat. Membedakan cara mensucikan hadas dan najis. Ditampilkan kasus seseorang yang terkena najis, peserta didik dapat menunjukkan cara menyucikan secara benar.
Mengklasifikasi sebab-sebab mandi wajib. Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas,peserta didik  dapat menentukan secara tepat penyebab mandi wajib.
Menerapkan ketentuan–ketentuan shalat wajib. Ditampilkan  gambar salah satu gerakan  shalat, peserta didikdapat menunjukkan bacaan shalat sesuai gambar.
Ditampilkan beberapa contoh gerakan dalam shalat, pesertadidik dapat mengklasifikasikan perilaku yang membatalkan shalat.
Mempraktikkan shalat jamaah dan munfarid. Disajikan ilustrasi tentang shalat berjamaah, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan shalat berjama’ah yang benar.
Menerapkan shalat jama’ dan qashar. Dideskripsikan kasus tentang seseorang yang sedang dalamperjalanan, peserta didik  dapat menentukan cara mengerjakan shalat jamak/qashar.
Menerapkan ketentuan shalat sunnatrawatib. Ditampilkan tabel tentang nama shalat fardhu dan jumlahrakaat shalat rawatib, peserta didik  dapat menentukan pasangan yang tepat antara shalat wajib dan shalat sunat rawatib.
Menyebutkan contoh shalat sunnah berjamaah dan munfarid. Ditampilkan daftar nama-nama shalat  sunnah, peserta didik dapat menentukan  shalat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah.
Disajikan wacana tentang situasi  yang sedang dihadapiseseorang/kelompok, peserta didik dapat menentukan shalat sunnah yang sesuai.
Ketentuan puasa sunnah. Disajikan ketentuan tentang puasa sunah, peserta didikmampu menunjukkan hikmah puasa yang sesuai.
Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrahdan zakat mal. Disajikan wacana tentang harta yang wajib dibayarkanzakatnya, peserta didik  mampu menghitung kadar zakat malnya.
Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah. Ditampilkan tabel tentang ketentuan haji, peserta didik dapat menentukan rukun haji.
5. Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarahmasuk danberkembangnya Islam di 

Nusantara.

Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAWuntuk semua manusia dan bangsa. Ditampilkan kisah yang terjadi pada masa Nabi MuhammadSAW, peserta didik  dapat menunjukkan sifat Rasulullah dalam kaitannya dengan misi beliau untuk semua manusia dan bangsa.
Meneladani perjuangan Nabi dan paraSahabat dalam menghadapi masyarakat Disajikan wacana tentang perjuangan Rasulullah dan parashahabat dalam menghadapi kaum kafir Quraisy, peserta didik
Makkah. dapat menyimpulkan sifat keteladanan Rasulullah dan parasahabat dalam wacana tersebut.
Meneladani perjuangan Nabi MuhammadSAW dan para sahabat di Madinah. Peserta didik  dapat menjelaskan langkah-langkah perjuanganRasulullah dalam membangun kota Madinah.
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmupengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam. Disajikan beberapa hasil pengembangan ilmu pengetahuandan teknologi masa kini, peserta didik  dapat menunjukkan ilmuwan Muslim yang turut berperan dalam mengembangkannya pada masa Abbasiyah.
Menceritakan sejarah beberapa kerajaanIslam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Disajikan cuplikan sejarah perjuangan kerajaan Islam di Nusantara dalam menghadapi penjajah, peserta didik  dapat mengklasifikasikan hikmah perjuangan yang terkandung didalamnya.
Ditampilkan peta salah satu wilayah di Indonesia, peserta didik  dapat menunjukkan kerajaan Islam yang ada di peta tersebut.
Menceritakan seni budaya lokal sebagaibagian dari tradisi Islam. Disajikan ilustrasi tentang seni budaya yang ada di Nusantara,peserta didik  dapat mengidentifikasi seni budaya lokal yang mengalami akulturasi dengan tradisi Islam.

Download Kisi-Kisi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (UASBN-PAI) SMP Tahun Pelajaran 2010/2011 :